Yuk, Mulai Berwirausaha Berbasis Digital dan Dapatkan Manfaatnya
oleh Indriyani Puspaningrum
Wirausaha digital berasal dari dua kata yakni digital
(analisis nomor yang menggambarkan hasil) dan entrepreneurship (pihak
yang berani mengambil peluang dan menghasilkan kreatifitas yang bernilai jual).
Sehingga wirausaha digital merupakan sebuah kegiatan usaha yang berasal
dari adanya perkembangan di bidang informasi dan komunikasi. Selain itu, berdasarkan
pendapat yang disampaikan oleh Guthrie pada 2014 menyatakan usaha digital
adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Sedangkan wirausahawan
digital atau digital entrepreneur merupakan pihak yang melaksanakan
perannya sebagai pengusaha secara dalam jaringan/online dan mampu memprediksi peluang
serta target pasar dan menciptakan berbagai inovasi dengan berani mengambil
keputusan serta resiko sehingga bisa memberikan beragam penawaran baik
produk/jasa di dunia internet. Wirausahawan digital di Indonesia memiliki wadah
bersama yang dinamakan Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI). Pihak
yang memiliki label sebagai wirausahawan digital di antaranya adalah pedagang
umkm, pengusaha/pebisnis, pemilik start-up, investor, perusahaan yang memiliki
penjualan secara nasional hingga internasional yang beroperasi secara online,
transportasi online, pengusaha social media, peer to peer lender,
kursus/bimbel online, konsultasi kesehatan online, teknisi online, dan berbagai
macam penawaran barang/pelayanan jasa lainnya yang dapat menghasilkan
profitabilitas. Kegiatan berbagai usaha di atas merupakan salah satu hal yang
sangat disosialisasikan peningkatannya di suatu negara dikarenakan dapat
memberikan kontribusi nyata atas penerimaan negara berupa pajak. Berdasarkan
data dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) disebutkan bahwa
8% penduduk AS yang berusia 18-64 tahun fokus pada kegiatan kewirausahaan, selain
itu 10,9% penduduk di 49 negara GEM sedang menggeluti bisnis baru.
Kewirausahaan digital dianggap sangat penting untuk dikembangkan
pada era globalisasi dan revolusi industry 4.0 menjelang 5.0 dikarenakan hal
ini dapat memperkuat transformasi perekonomian Indonesia di tingkat internasional
apabila dibandingkan hanya mengandalkan kegiatan perdagangan secara tradisional/konvensional.
Berdasarkan data Gross Merchandise Value (GMV), ditemukan forecasting di
7 sektor perekonomian di Indonesia yang mencapai lebih dari $100 miliar dan
dapat memberikan kontribusi sebesar $44 miliar atau Rp 621 triliun. Alasan lain
yang mendukung bahwa pelaksanaan digital entrepreneur harus digeluti oleh UMKM di
Indonesia di antaranya adalah mudahnya mencari jangkauan/target pasar melalui
mobile phone yang terkoneksi internet, menemukan sasaran pasar yang tepat rencana,
memperoleh posisi yang strategis dalam bisnis, membantu meningkatkan penjualan/high
profitability, mempermudah kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan bisnis,
meningkatkan profesionalitas sebuah bisnis, menghemat pengeluaran usaha,
memudahkan koneksi dengan berbagai pihak secara real-time, mampu meningkatkan
persaingan di era Internet of Things (IoT), dan berbagai macam urgensi lainnya.
Berdasarkan informasi yang dikutip dari video “Wirausaha
Digital itu Keren!” ke 1 dan ke 2 pada channel Youtube Prof Dedi Purwana Channel, terdapat wawancara dengan salah satu professional IT, Bapak Ir.
IBM Jaya Martha, MM, CMPM, yang saat ini merupakan Manajer IT PT Indoguna
Meatshop & Gourmet terkait kewirausahaan digital, beliau juga telah memberikan
karya terbaiknya di beberapa bidang, di antaranya pendidikan, konsultan IT,
perbankan syariah, kewirausahan, dan lain sebagainya. Beliau mengungkapkan
bahwasanya bekerja perusahaan Indoguna berafiliasi dengan 40 wirausaha yang
tergabung melalui system informasi dan teknologi. Pada perusahaan ini
menerapkan pula pola bisnis supply chain management dengan selalu
mengoptimalkan seluruh aktivitas kerja dan menjamin kualitas barang yang didistribusikan
kepada konsumen sehingga diharapkan upaya keamanan dapat terlaksana dengan baik
dan berkesinambungan melalui kendali system informasi dan teknologi. Fokus yang
diemban oleh PT Indoguna di antaranya adalah berkaitan pada:
- Kepuasan pelanggan (memberikan jasa khusus kepada pelanggan)
sehingga mendapatkan keunggulan kompetitif dengan pesaing
- Omnichannel (penggabungan dan penyesuaian kegiatan bisnis offline ke online
- Big data (sebagai penyimpanan data terbesar dan memuat berbagai macam informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan)
- Menggunakan cyber security (sebagai pelindung dari hilang, rusak, dan kebocoran data perusahaan)
- Kapabilitas digital (kemampuan penyediaan fasilitas digital yang mumpuni
dengan kualitas kecepatan yang baik)
Beberapa
faktor yang menunjukkan bahwa Indonesia telah menuju era revolusi digital berdasarkan
data IDC Worldwide pada 2015, di antaranya adalah:
Mobile Internet (pengguna internet yang kian lama meningkat lebih dari 73%)
Internet of Things (untuk mengontrol kegiatan berbagai kegiatan melalui sensor)
Cloud Technology (untuk melakukan pencadangan data/komputasi awan)
Big data and Advanced Analytics (peningkatan penyimpanan dan kecepatan dalam menganalisis data)
Beralih pada pembahasan terkait peluang dan
tantangan kewirausahaan digital, dikatakan bahwasanya peningkatan internet
user dengan jaringan yang stabil di Indonesia tentu saja membawa dampak
yang sangat baik bagi prospek usaha berbasis digital. Misalnya saja dengan
adanya grafik peningkatan user disebabkan oleh murahnya harga handphone sehingga
berakibat pula pada tingginya pengguna aplikasi online, seperti Grab, Gojek,
Shopee, Bukalapak, Lazada, OVO, Dana, Gopay, dan lain sebagainya. Beberapa hal
yang harus diperhatikan untuk mecari peluang dan mengatasi tantangan yang ada pada
bisnis digital lainnya, adalah:
- Creating the future from now
- Adding the predictive maintain (berusaha menjaga keselamatan,
persediaan rantai pasokan, dan menciptakan system kerja dengan teknologi
otomatis).
- Always innovative dan siap untuk belajar
- Berusaha untuk dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor
- Selalu berusaha untuk berfikir secara berbeda dengan pihak yang lain
- Berusaha untuk selalu mencapai berbagai target finansial
- Kemampuan untuk mencari pelanggan dan menjaga hubungan baik
- Menjalin layanan dengan mitra sebaik mungkin sehingga menimbulkan citra yang baik
- Memberikan bonus dan reward kepada pelanggan
- Berusaha melakukan penghematan biaya
- Mengoptimalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses internal (operasi, pelanggan, inovasi, regulasi, dan sosialisasi)
- Selalu berusaha untuk belajar, berani mengambil keputusan, dan mengevaluasi
- Communication (berkomunikasi dengan cara yang efektif,
sopan, dan professional)
- Financial (mampu mengatur berbagai pengeluaran dan
pendapatan, serta menjanjikan prospek keberlangsungan agar cash flow berjalan
dengan baik)
- Merk (memiliki citra yang kuat dan sangat baik)
- Marketing (membranding/memperkenalkan produk secara meluas)
- Networking (membangun tali silaturahmi)
- Automation (melakukan hal yang sama dan mengurangi
produktivitas wirausaha)
- Design (desain produk sangatlah penting untuk
meningkatkan daya tarik produk bagi pembeli)
- Analytics (belajar analisis untuk ambil keputusan
berdasarkan data)
- Technical (berproses dengan teknologi yang memecahkan
persoalan algoritma dan berstruktur), misalnya MYOB
Oleh sebab itu, yuk mulai
berbisnis untuk ciptakan kesejahteraan bersama…
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : Indriyani Puspaningrum
NIM : 1706619003
Kelas : S1 Akuntansi B 2019 FE UNJ
Mata Kuliah : Kewirausahaan Digital 114
Terima kasih sobat dunia kampus dan smart readers yang selalu mendukung blog ini dalam memberikan ilmu pengetahuan dan informasi terbaru..
See you everyone,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Total kata : 1.200 kata
Sumber :
A.
Pustaka
1.
Davidson,
E. and Vaast, E. (2010), "Digital entrepreneurship and its sociomaterial
enactment", Proceedings of the 43rd Hawaii International Conference on
System Sciences, hal 1.
2.
Caniago,
Indra dan Hayati, Keumala. Repository KEWIRAUSAHAAN TEKNOLOGI DIGITAL: POTENSI
PEMBERDAYAAN PEBISNIS MILENIAL. IIB Darmajaya dan Universitas Lampung
3. Scarborough, M. Norman. 2012. Effective Small Business Management an Entrepreneurial Approach Tenth Edition. United States: Pearson
B.
Laman
Membantu bangett, kerennn
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih ya..
DeleteWah keren kak
ReplyDeleteTerima kasih Kak Rachmalia..
DeleteMengedukasi dan bermanfaat 👍🏻
ReplyDeleteEnjoy to read our articles ya kak..
DeleteWah bermanfaat sekali
ReplyDeleteWah sama sama ya..
DeleteWaahhh terima kasih infonya
ReplyDeleteSama sama kak..
DeleteGood job! posting terus artikel menarik lainnya.
ReplyDeleteBaik, Terima kasih banyak Prof
DeleteWah keren sekali
ReplyDeleteWahhhh aku sukaaa makasihhh
ReplyDeleteKeren, informatif banget!
ReplyDeletesuper informatiff!!✨
ReplyDeleteTerima kasih Kak..
Deletewah
ReplyDeletekeren & informatif bgtt
ReplyDeleteKeren min
ReplyDeletewahh keren banget
ReplyDeleteKeren
ReplyDeleteWahh oke banget
ReplyDeleteWahh oke banget
ReplyDeleteKeren bangett✨✨
ReplyDeletebagus bgtt..
ReplyDeleteinformatif banget
ReplyDeleteInformatif bangettt✨👍
ReplyDeleteSangat membantu...
ReplyDeleteKeren bgt!
ReplyDeleteInfonya sangat bermanfaat
ReplyDelete